Senin, 29 April 2013

PETANI JUGA PERLU NGENET


PETANI JUGA PERLU NGENET
Untuk Menjadi Petani Sukses Harus Pintar Mengakses Informasi, Salah Satunya Dengan Memanfaatkan Internet

Oleh : I Putu Eka Budi Antara, S.P
Sumber gambar : dokumentasi pribadi
Informasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Semua kalangan memerlukan informasi  tak terkecuali petani yang identik dengan sabit dan cangkul. Akan tetapi selama ini petani kebanyakan hanya mendapatkan informasi dari mulut ke mulut, sehingga informasi yang diperoleh sangat lambat dan kurang valid.
Agar mendapatkan informasi yang cepat dan valid seorang petani harus pintar mengakses informasi, salah satunya dengan memanfaatkan internet. Dengan internet petani bisa mendapatkan bermacam informasi dengan cepat dan tepat.
Misalnya seorang petani kebingungan menentukan jenis, waktu dan dosis pemupukan tanaman padi di wilayahnya. Untuk mendapatkan informasi tersebut di internet sangatlah mudah dan cepat sebab pemerintah telah menyediakan layanan PHSL – Pemupukan Hara Spesifik Lokasi Padi Sawah yaitu denga mengetik PHSL Padi Sawah di google atau masuk langsung ke alamat  http://webapps.irri.org. Setelah terbuka kita dapat memilih bahasa Indonesia, bahasa Bali, bahasa Bugis, bahasa Jawa atau bahasa Sunda untuk menjawab beberapa pertanyaan. Setelah menjawab kita akan diberikan anjuran waktu dan dosis pemupukan yang tepat di wilayah kita, juga hasil yang dapat dicapai jika kita menerapkan dengan benar.
Jadi sangatlah penting manfaat internet bagi seorang petani, dengan memanfaatkan internet seorang petani bisa mendapatkan informasi teknik budidaya, panen, pasca panen dan pemasarnya, serta informasi lain yang menunjang kegiatan pertanian.

penulis, PPL Pertanian WKPP Budakeling, Kecamatan Bebandem

1 komentar:

  1. Solusi Jitu Menanggulangi hama burung dgn T-Mar'S Tanaman padi merupakan salah satu tanaman yang menjadi sasaran empuk bagi burung pipit dan sejenisnya, hingga tidak sedikit pula petani kita mengalami kerugian bahkan gagal panen karena padinya di serang hama burung. Berbagai macam cara petani menanggulangi padi agar tdk di makan burung serta tidak sedikit pula biaya yg di keluarkan untuk menjaga padi dari serangan burung terutama saat padi memasuki masa berbunga, berbuah, hingga panen. T-Mar'S merupakan obat khusus buat tanaman padi agar tidak di makan burung , hanya sekali pakai, padi akan terlindung dr burung hingga panen. T-Mar'S tidak mengandung bahan kimia dan bahan berbahaya lainnya (100% alami). Para petani tidak perlu lagi menjaga & khawatir lagi dengan serangan hama burung karena T-Mar'S melindungi tanaman padi dari hama burung dr semenjak di tanam hingga panen.., Sekarang giliran anda Silahkan "BUKTIKAN..!!!".. Cara Pemakaian: 200gram T-Mar'S di campur dgn benih 20kg, pencampuran di lakukan sesaat sebelum benih di tabur/di semai/benih setelah melalui proses perendaman. (lakukan pencampuran hingga merata). Catatan: T-Mar'S di gunakan hanya sekali pakai hingga padi di panen. Penggunaan kembali di lakukan pada saat menabur benih pada musim tanam berikutnya, agar tanaman padi selalu terlindungi dari hama burung. Terimakasih...!!! Bagi anda yg berminat silahkan hub: Hp: 087 786 666 123 BBM: 5FD1906D

    BalasHapus